Dia Yang Telah Menjadi Kenangan

Rabu, 15 Maret 2017

Dia Yang Telah Menjadi Kenangan



Mungkin judulnya sedikit 'lebay' tapi please jangan baperan (bawa perasaan) dulu ketika membaca judul diatas. Ini bukan tentang romansa, bukan tentang mantan, bukan tentang sepasang insan yang dulu pernah menjalin asmara. Melainkan tentang suatu barang yang pernah membantu segala kegiatan keseharian. Yess...ini tentang perangkat komputer, DISKET.

Floppy Disk atau Floppy adalah nama lain dari Diskette, yang mana oleh masyarakat indonesia lebih familiar dengan sebutan Disket. Disket merupakan salah satu media penyimpanan yang dahulu merupakan sebuah teknologi yang bisa dibilang revolusioner pada saat itu. Berdasarkan wikipedia, Disket diperkenalkan pada akhir tahun  1960, dan baru dikomersilkan pada tahun 1971 oleh IBM. Disket terlahir dengan berbagai perkembangan, mulai dari ukuran hingga besaran penyimpanan. Namun yang paling umum sering (saya) dijumpai adalah dengan besar penyimpanan 1,44MB.


Perkembangan Disket sendiri terjadi sekitar tahun 1970an hingga 2010. Karena pada tahun 2010 sudah banyak produsen motherboard yang tidak memproduksi perangkat ini. Jika dibandingkan dengan sekarang, ukuran penyimpanan disket yang sebesar 1,44Mb pastilah bukan apa-apa bahkan untuk menyimpan sebuah lagu mp3 saja harus diconvert terlebih dahulu. Namun dikala itu, disket adalah penyimpanan yang sangat menolong para pengguna komputer. Mirip dengan flashdisk, penyimpanan yang portable.

Melihat disket ini serasa kembali kemasa lalu. Seperti bertemu teman lama yang dulu senasib, terpisah oleh ego, oleh keinginan perubahan. Mungkin bahasanya sedikit emosional ya...hehe


A 3½-inch floppy disk drive. Sumber: Wikipedia.

Kemajuan teknologi, perkembangan zaman dan kebutuhan akan penyimpanan yang besar membuatnya terabaikan, tertinggal, lalu mati. Begitulah teknologi, yang dulu menjadi primadona sekarang terkikis oleh pembaharuan.

0 comments :

Posting Komentar