Backbox Dist-Upgrade

Minggu, 05 Maret 2017

Backbox Dist-Upgrade




Ada yang tau apa itu backbox, atau sudah pernah mencoba distro (distribution) linux ini. Backbox sendiri adalah distribution linux dari turunan Ubuntu linux yang khusus untuk Pentest (Penetrating System). Bahasa gampangnya khusus untuk belajar Hacking atau malah hacking hehe.

Lalu apa bedanya dengan distro lain seperti KaliLinux dll? Sebenernya secara aplikasi sih tidak ada. Karena aplikasi bisa kita download sendiri kalau dirasa kurang, saya bahkan sering mendownload aplikasi yang tidak tersedia di backbox.

Distro ini (Penilaian Pribadi) cukup ringan walaupun tampilannya berbentuk GUI. Memang ada distro khusus dibuat berlandasakan CLI. Saya adalah orang yang suka hal simple, cepat, ringan tapi cukup enak dilihat. Di backbox ini cukup menjawab keinginan. Hal ini dikarenakan tidak seperti KaliLinux/Backtrack yang menggunakan Window Manager dari Gnome, Backbox sendiri menggunakan XFCE sebagai tampilan window managernya. Jadi cukup ringan, ditambah lagi laptop saya yang jadul dengan speksifikasi intel celeron, hiks..

Sebenarnya saya tidak ada niatan untuk upgrade backbox ini, namun berhubung oprekan yang membuat distronya jadi rusak mau nggak mau mesti di upgrade. Untuk updatenya gampang, tutorialnya dapat di baca di link ini. Diperlukan kesabaran dan koneksi internet yang memadai untuk upgrade sebuah distro linux karna banyak file besar yang akan di download. Jika di backbox itu salah satu file besarnya adalah Metasploit, waktu saya update besarnya 340MB. Wajar sih, karna aplikasi pentest satu ini memiliki banyak script dan sangat lengkap untuk pentesting.

Untung saja jaman sekarang kualitas internet di indonesia sudah lebih baik dari jaman dulu. Ya iyalahh...jaman dulu haha

0 comments :

Posting Komentar