Konfigurasi USB Wifi pada Raspberry Pi

Senin, 20 Maret 2017

Konfigurasi USB Wifi pada Raspberry Pi



Raspberry Pi yang saya miliki adalah tipe Raspberry Pi 2 yang tidak include wifi didalamnya, berbeda dengan Raspberry Pi 3yang memang di desain memiliki wifi onboard. Jadi untuk komunikasi secara nirkabel harus menggunakan USB Stick Wifi tambahan, merk yang saya gunakan adalah USB dari TP-Link.

Khusus pada sistem operasi Raspbian, sudah terinstall aplikasi network manager 'wpa_'. Untuk mengkonigurasinya menggunakan 2 cara yaitu lewat GUI ataupun CLI.


Namun untuk saya, sangat sulit membuat raspberry pi dapat terkoneksi ke jaringan wifi menggunakan tutorial dokumentasi yang ada pada website raspberry pi. Oleh karena itu saya melakukan konfigurasi menggunakan cara lama. Sebenarnya ada cara lain lagi, yaitu mengganti aplikasi network manager di raspbian dengan aplikasi network-manager bawaan ubuntu dari gnome. Tapi bagaimana bisa unduh paket, koneksi internet ke modem saja tidak bisa. Karena disini untuk koneksi internet saya menggunakan modem mifi gsm.

Cara yang saya gunakan adalah dengan melakukan edit pada file yang khusus menangani jaringan di raspbian, yaitu di /etc/network/interfaces. Edit filenya sesuai gambar dibawah ini :

$ sudo nano /etc/network/interaces


Saya memberikan simbol "#" pada bagian 'wpa-conf ..." agar file interfaces tidak memanggil konfigurasi yang ada pada file wpa_supplicant.conf. Bagian "wpa-ssid" adalah nama dari jaringan hotspot dan "wpa-psk" adalah password dari jaringan hotspot tersebut. Kemudian reboot, dan akhirnya berhasil. Semoga kalian juga ya.


0 comments :

Posting Komentar