PCMan File Manager Very Fast

Minggu, 02 April 2017

PCMan File Manager Very Fast



Belakangan ini saya merasa File Manager disistem operasi yang digunakan sangat lamban. Kebetulan saya menggunakan distro Linux BackBox dimana secara default Sistem Operasi tersebut menggunakan 'Thunar' sebagai aplikasi file manager-nya. Sudah beberapa kali melakukan install dan uninstal, namun tetap saja terasa lamban.

Setelah browsing sana-sini, saya mencoba aplikasi PCMan File Manager. Instalasinya cukup mudah :

$sudo apt-get install pcmanfm

Selesai peng-instalan, saya mencoba mengetestnya dan ternyata benar-benar sangat cepat dan ringan. Loading thumbnail file seperti images dan video benar-benar terasa ringan. Banyak review bahwa File Manager Thunar lebih cepat dibanding FIle Manager Nautilus bawaan ubuntu, dan pernah saya coba dan itu benar.

Namun ternyata PCMan File Manager mampu lebih ringan dan cepat (menurut saya), disamping itu tampilan GUInya cukup menarik. Tidak jauh berbeda dengan tampilan Nautilus ataupun Thunar.

Oh iya, untuk menjadikannya File Manager default di BackBox diterminal ketikan :

$sudo exo-preferred-applications

dan ganti File Manger-nya menjadi PCMan File Manager.





0 comments :

Posting Komentar