Auto-Mount Disk Drive Baru di Ubuntu Server

Kamis, 06 April 2017

Auto-Mount Disk Drive Baru di Ubuntu Server


http://sourcedigit.com/8194-customize-ubuntu-14-04-mount-hard-disk-partitionsdrives-automatically-system-startup/

Untuk pengguna Ubuntu Desktop tidak akan menemui kendala mounting disk drive, hal ini dikarenakan system akan melakukan mounting secara otomatis ditambah lagi Ubuntu Desktop memiliki tampilan grafis yang dalam penggunaanya juga lebih enak. Akan jadi masalah ketika melakukan konfigurasi terhadap Ubuntu Server.

Sudah lama tidak melakukan konfigurasi server dengan multi disk drive membuat beberapa sintaks lupa. Semoga dengan ini membuat otak jadi lebih ingat hehe... 

Proses mounting sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan disk drive yang ter-list oleh system dengan perintah
sudo fdisk -l 

Kemudian karena yang saya lakukan ini adalah hard disk baru maka perlu dilakukan format sesuai file system. Jika hard disk lama yang telah terformat langkah ini tidak perlu dilakukan. Caranya adalah dengan perintah :
$sudo fdisk /dev/sd*

tekan tombol m, dan selanjutnya tombol n untuk create new partition dan ikuti perintah yang ditampilkan. Untuk menyimpan hasilnya dengan menekan tombol w. Tanda "*" (bintang) diatas harus disesuaikan, tergantung masing-masing disk drive yang terdeteksi.

Jika telah selesai, coba lakukan pengecekan dengan perintah
sudo fdisk -l

Dilangkah ini akan terdekteksi disk drive baru, misal jika sebelumnya terseteksi di /dev/sdb maka kini akan terdeteksi /dev/sdb1. Namun partisi tersebut belum memiliki file system. Untuk itu harus diformat terlebih dahulu dengan perintah:

$sudo mkfs -t ext4 /dev/sdb1

Kemudian membuatkan tempat mountingnya, dalam hal ini saya membuat direktori /data di /media yaitu dengan cara :

$sudo mkdir /media/data

Agar setiap restart disk drive tersebut akan ter-mount otomatis maka harus melakukan editing file /etc/fstab. Sebelumnya harus mencatat id dari drive yang tercatat disystem dengan perintah :

$sudo blkid /dev/sdb1

lalu melakukan editing file fstab :


$sudo nano /etc/fstab

Tambahkan sesuai uid yang didapat seperti dibawah ini :

$UUID=20d5f9a6-2176-441a-bca1-500e8cb74e67 /media/data/ ext4 defaults 0 0

Reboot system dan cek dengan perintah df -h untuk melihat apakah disk drive telah termounting pada direktori /media/data.





0 comments :

Posting Komentar