Mengembalikan CNAME Blogspot Yang Hilang

Sabtu, 01 April 2017

Mengembalikan CNAME Blogspot Yang Hilang



Sebagai seorang pemula tentu tak lepas dari sebuah kesalahan dikarenakan ketidaktahuan, seperti saat hal ini. Pada saat itu saya melakukan custom domain untuk blog saya, dimana hostingnya dipercayakan sama blogger.com alias blogspot.com. Masalah yang menimpa saya waktu itu adalah saya kebingungan untuk mendapatkan token yang diberikan oleh blogspot.

Ketika kita melakukan custom domain pada blogspot, untuk pointing nameserver maka blogspot memberikan CNAME agar domain yang kita miliki tersebut mengarah keblogspot yang kita punya. CNAME yang diberikan google biasanya terdiri dari dua alias, pertama untuk "www" dengan value "ghs.google.com" nah, yang kedua merupakan kode penting berikutnya (biar gampang kita disebut token).

image from: www.techgide.com

Setiap domain yang kita inputkan akan memiliki kode Token yang berbeda-beda. Hal yang akan membingungkan adalah kode Token itu tidak akan tampil untuk kedua kalinya walaupun kita hapus kemudian isi kembali dan seterusnya. Inilah akar masalah ketidak tahuan tersebut saat saya ketika itu melakukan konfigurasinya.

Namun tentunya google memberikan solusi atas masalah ini. Caranya adalah dengan mengunjungi "google webmaster" dan login menggunakan alamat email blogspot tersebut. Jadi caranya adalah :

1. Pertama masuk ke: Google Webmaster.
2. Masuk dengan menggunakan akun yang sudah di verifikasi.
3. Lalu cari domain yang akan di verifikasi ulang.
4. Lalu klik detail verifikasi
5. Lalu pilih rincian

Dari situ kita dapat melihat kode CNAME untuk domain tersebut.

0 comments :

Posting Komentar