GCompris : Aplikasi Pendidikan

Selasa, 30 Mei 2017

GCompris : Aplikasi Pendidikan





Sebenarnya lagi iseng buka-buka twitter, sekedar baca info-info di situs mikrobloging tersebut. Eh nggak sengaja membaca salah satu postingan tweet dari pak Onno W. Purbo, salah satu pakar teknologi legendaris di indonesia. Kenapa saya sebut legendaris, karena udah sejak lama berperan besar dalam memajukan dunia IT di indonesia. Salah satu penggiat dunia Open Source.

Next mungkin saya akan bicara tentang pak Onno W. Purbo lebih dalam, tapi balik dulu ke topic ini hehe. Saat itu pak Onno memposting tentang aplikasi GCompris ini. Berhubung sama-sama penggiat aplikasi open source, saya pun mencoba aplikasi tersebut.


Tampilannya benar-benar menarik, full collor, dan saya pikir memang pas sekali dengan edukasi untuk anak-anak. Banyak hal bisa dilakukan seperti berhitung, membaca, mengetik, fisika, dan juga beberapa game yang menyenangkan namun juga tidak meninggalkan nilai edukasinya.

Seperti kali ini bagaimana kita bisa mengajarkan kepada anak-anak tentang elektronika. Sangat menarik.


Proses instalasinya cukup mudah tinggal sudo apt-get install gcompris, saya menggunakan Linux turunan Ubuntu. yang diperlukan hanya koneksi internet untuk mengunduh packages nya. Untuk yang ingin mengetahui tulisan dari pak Onno W. Purbo bisa baca disini.

0 comments :

Posting Komentar