Menyimpan Hasil Traceroute, Ping, Nslookup ke Sebuah File

Kamis, 20 April 2017

Menyimpan Hasil Traceroute, Ping, Nslookup ke Sebuah File



Sebagai Administrator jaringan, kita tidak hanya bertugas mengamankan jaringan yang ada namun juga dituntut untuk bisa membuat ataupun mendokumentasikan hasil dari analisis jaringan yang sedang kita kerjakan. Selain untuk orang lain, dokumentasi tersebut perlu untuk diri kita sendiri. Hal ini dikarenakan network tersebut bersifat dinamis. Apa yang dilakukan detik ini akan sangat bisa berbeda didetik kemudian.

Simplenya sih, saat kita melakukan ping kesebuah jaringan saat ini sering kali hasilnya berbeda saat kita lakukan ping ke jaringan tersebut di menit berikutnya, mungkin saat kita melakukan ping mendapatkan hasil 200ms bisa jadi ping berikutnya 1000ms.

Untuk melakukan analisis jaringan tentunya kita harus memiliki data-data, data yang benar-benar fakta salah satunya dengan mendokumentasikan hasil jaringan yang kita kerjakan.

Caranya cukup mudah, misalkan kita ingin menyimpan hasil dari traceroute ke sebuah file agar nantinya dapat melihat perbandingan dan analisis yang akurat. Pertama, kita traceroute dulu agar bisa melihat perbandingan hasilnya. Contoh kali ini traceroute ke google.com.


Untuk menyimpan hasil tersebut kedalam sebuah file cukup dengan perintah:
traceroute google.com >> namafile.txt


Maka ketika selesai, hasilnya akan ada file baru. Dalam hal ini file yang saya simpan adalah tr_file.txt.


Untuk melihat isi file bisa gunakan text editor apapun seperti nano, pico, vim dll. Dalam hal ini saya menggunakan cat yaitu cat namafile.


Cukup mudah bukan. Sama halnya juga jika menyimpan hasil dari scanning ping, nslookup dan lain-lain cukup menambahkah setelah perintah utama tersebut dengan   >> namafile.

0 comments :

Posting Komentar